PENGMAS atau Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu program kerja  departemen Litbang [Penelitian dan Pengembangan] yang bertujuan untuk memberikan  edukasi kepada masyarakat atau ilmu supaya masyarakat mengetahui tentang,  pegelolahan bahan yang tidak berguna menjadi suatu produk yang dapat menghasilkan  penghasilan bagi masyarakat, mendesain kemasan atau poster produk yang akan  dipromosikan supaya terlihat menarik, dan belajar mengenai pemasaran produk.  

PENGMAS membantu masyarakat untuk mengembangkan desa agar menjadi desa yang  maju, berkembang, dan bisa menghasilkan suatu sumber daya yang dapat diproduksi  sendiri kemudian dipasarkan. Dengan menerapkan ilmu yang didapat saat mengikuti  kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselenggarakan oleh PRISMA Fakultas Pertanian,  Universitas Brawijaya.  

Sasaran kegiatan PENGMAS atau Pengabdian Masyarakat yaitu masyarakat pada desa yang dituju contohnya; Ibu–Ibu PKK dan Pemuda Karang Taruna. Dengan kegiatan  bermanfaat dan memiliki benefit yang didapat juga bisa diterapkan pada lingkungan  sekitar. Seperti kegiatan PENGMAS dengan tema “Pengembangan Digital Marketing  Sebagai Upaya Memperluas Jaringan Pemasaran Produk Lokal Didesa Petungsewu” diselenggarakan pada tanggal 11 – 12 Juni 2022 di Desa petungsewu, Kec. Dau, Kab.  Malang.  

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 11 Juni 2022 peserta belajar tentang desain  untuk produk yang akan dipromosikan dipandu oleh Bpk. Andrian Firmanto, pada  kegiatan tersebut peserta diberikan materi tentang mendesain suatu poster produk yang  nantinya akan dipromosikan dan juga menjelaskan aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk mendesain serta mempraktikkan membuat desain dan vidio promosi  produk yang dipandu oleh Bpk. Andrian.

Kemudian pada tanggal 12 Juni 2022 peserta belajar mengenai Pengembangan Digital Marketing melalui Instagram dan Shopee yang  dipandu oleh Kak Novita Kartika Kusuma Wardani, materi yang disampaikan yaitu  penjelasan mengenai Digital Marketing seperti aplikasi Instagram dan Shopee kepada  peserta, menjelaskan mengenai fitur-fitur pada aplikasi, serta menjelaskan strategi  pemasaran/marketing. Kemudian mempraktikkan pembuatan akun serta bagaimana  menjalankan aplikasi Instagram dan shopee untuk kegiatan marketing.  

Kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari tersebut menambah wawasan dan manfaat  bagi Ibu-ibu PKK dan pemuda karang taruna. Pada kegiatan tersebut dapat  mengembangkan digital marketing secara luas serta menerapkan ilmu/teknik yang  didapat kepada lingkungan sekitar.

Beberapa hasil kreativitas Ibu-Ibu PKK dan Pemuda yang terlibat dalam Pengabdian Masyarakat PRISMA 2022 dapat kamu lihat di akun Instagram berikut.

Categories: artikel

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.