Dokumentasi Kegiatan RBI 4

RBI 4 merupakan lanjutan dari RBI yang sudah dilakukan sebelumnya, dimana pada RBI yang ke-4 ini menyusung tema “Punctilious Stride: Strategi penyususnan Metodologi sebagai Langkah Tepat Pengembangan Karya Tulis”, yang diasakan pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Seperti yang sebelumnya, pemateri RBI 4 ini juga tak kalah menarik yaitu Ketua Umum PRISMA 2021, yaitu Kak Firianti Shinta Dewi. Tentunya banyak yang tidak asing dengan beliau yang juga merupakan Mawapres FP tahun 2021. Beliau terkenal pintar dan cantik sehingga menarik minat Maperta untuk mengikuti RBI 4 ini.

Pelaksanaan RBI 4 ini mengusung strategi jitu dalam penyusunan metodologi sebuah karya tulis ilmiah. Metodologi menjadi salah satu kunci sebuah karya tulis ilmiah dapat tersusun dengan baik. Langkah penelitian maupun penulisan sebuah karya tulis ilmiah mengacu pada struktur metodologi yang digunakan, sehingga penyusunan metodologi yang baik dapat menjadi kunci karya tulis ilmiah.

Penyusunan metodologi sebuah karya tulis ilmiah terbagi menjadi metode penelitian dan metode penulisan. Metode penelitian sendiri digunakan ketika prosedur penyusunan karya tulis ilmiah mengacu pada sebuah kegiatan riset, sedangkan metode penulisan digunakan bagi karya tulis ilmiah yang mengangkat sebuah konsep gagasan berdasarkan studi literatur topik terkait.

Metodologi juga merupakan salah satu komponen penting dari sebuah karya, meski dianggap sepele namun jika menggunakan metodologi yang tidak tepat maka karya ilmiah akan tidak bagus. Oleh karena itu, pada RBI 4 ini Kak Shinta memberikan materi yang sangat informatif dan mudah dipafahami oleh Maperta sehingga Maperta bisa mengetahui cara menyusun metodologi yang baik dan benar. 

Kunci dalam penyusunan BAB 3 atau metodologi yaitu menjelaskan prosedur yang tepat sesuai dengan langkah kerja penyusunan karya tulis ilmiah yang dilakukan. Diharapkan dengan kegiatan RBI 4 ini dapat menjadi upaya peningkatan wawasan dan keterampilan bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dalam penyusunan metodologi karya tulis ilmiah sehingga dapat meningkatkan peluang dalam kompetisi karya tulis ilmiah.

Pelaksanaan kegiatan Ruang Belajar Ilmiah (RBI) menjadi langkah strategis bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dalam pengembangan wawasan serta keterampilan dalam penyusunan karya tulis ilmiah. RBI 4 merupakan kegiatan lanjutan dari RBI 3 yang telah menyajikan materi terkait pengkutipan sumber terpercaya serta penyajian tinjauan pustaka sebagai state of art.

Categories: artikel

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.