Dokumentasi Kegiatan RBI 1

Ruang Belajar Ilmiah (RBI) merupakan suatu wadah bagi para mahasiswa Fakultas Pertanian  Universitas Brawijaya untuk mendapatkan keperluan materi mengenai kepenulisan ilmiah. RBI ini terdiri dari 8 rangkaian. Sebelum masuk rangkaian RBI 1 terdapat mentoring RBI. Mentoring RBI sendiri merupakan program pendampingan yang memfasilitasi tim RBI untuk menuangkan ide dan kreativitas dalam berkarya bersama para mentor yang berpengalaman di bidang kepenulisan ilmiah. Program ini dilakukan untuk memberikan pendampingan penyusunan karya ilmiah kepada setiap tim  Maperta dalam mencapai prestasi. Setelah dilaksanakannya mentoring RBI ini, juga dilakukan rangkaian rangkaian RBI.  

RBI 1 merupakan rangkaian pertama yang ada di Ruang Belajar Ilmiah. RBI 1 dilaksanakan pada Hari Minggu, 27 Maret 2022 dengan tema “Beginner Hack: Mengenal Lebih Jauh Kompetisi Ilmiah dan  Strategi Pengembangan Ide Futuristik,” yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Akhid Syib’li dan Abdul Muadjib Sulaiman W.

Sebelum mengenal lebih jauh soal kompetisi ilmiah, perlu diketahui konsep dalam menyusun karya ilmiah dimana konsep sendiri merupakan penyajian ide secara logis yang mana didukung oleh teori ilmiah dan juga data faktual. Selain adanya konsep, ada juga menyajikan penjelasan ilmiah dimana ada berbagai penjelasan mengenai kenapa inovasi tersebut ataupun alasan dari dilakukannya inovasi tersebut dan sebagainya. Banyak berbagai hal yang dijelaskan dalam materi yang dilaksanakan dalam RBI 1 ini dimana mulai dari dasar hingga penjelasan-penjelasan yang ada di dalam kepenulisan ilmiah.

Categories: artikel

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.