Dokumentasi Kegiatan RBI 2

Rangkaian Ruang Belajar Ilmiah ke-2 (RBI 2) dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 April 2022  dengan tema “Catching The Key: Strategi Penyusunan BAB 1 sebagai fondasi Karya Tulis Ilmiah yang Aktual dan Menarik,” yang dibawakan oleh Primus Muhammad Ihza Kusuma.

RBI 2 memberikan materi mengenai sistematika penulisan BAB 1 mulai dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan bahkan juga manfaat yang ada di dalam BAB 1 penulisan karya ilmiah. Pada latar belakang sendiri terdapat beberapa bagian penting, diantaranya fenomena yang mendasari, urgensi topik, sajian data, dan tak kalah penting juga terdapat sepintas solusi dari cerita yang diangkat. Pada materi RBI 2 ini juga terdapat tips dan trik dalam pembuatan latar belakang, salah satunya bedah judul dimana judul harus mengambarkan kata kunci yang akan dituangkan.

Selanjutnya ada rumusan masalah dimana ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam menyusun rumusan masalah yaitu diantaranya harus selaras antara rumusan masalah dengan tujuan, dan hal yang biasanya ada di rumusan masalah yaitu konsep, prosedur dan juga dampak.

Sistematika selanjutnya ada tujuan, sesuai yang sudah dikatakan diawal bahwa tujuan ini harus relevan dengan rumusan masalah dan lebih baik menggunakan kata depan “Me”. Selain tujuan juga ada manfaat, dimana  manfaat ini dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Dalam bagian manfaat juga terdapat sebuah konsep terkait topik yang akan diangkat.

Adapun hal-hal yang dilakukan setelah selesai menyusun BAB 1 yaitu pastinya membaca ulang dimana diperhatikan lagi kata juga kalimatnya dan jangan sampai ada kalimat yang informal serta cek kembali bagian-bagian seperti sitasi, data, dan satukan setiap antar bab dengan bab lainnya. 

Categories: artikel

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.